Senin, 01 Februari 2010

Mencoba Usaha dengan Keyakinan Man Jadda wajada


POTENSI USAHA WARUNG MAKAN

Melihat pesatnya jumlah penduduk saat ini Potensi usaha yang dapat dikembangkan di tempat saya adalah usaha pendirian rumah makan. Sekarang dengan pesatnya penduduk di ikuti pola konsomtif oleh penduduk di daerah saya.

Masyarakat juga memiliki rasa keingin tahuan yang cukup tinggi terhadap segala sesuatu yang dianggap baru. Masyarakat akan bersedia mencoba makanan yang dianggap menarik..

Banyaknya rumah makan di daerah saya, menjadikan daeara saya sebagai daerah tujuan untuk orang-orang yang mancari makanan.Pencarian rumah makan yang menyediakan pelayanan dan kualitas makanan yang baik oah para konsumen lah yang menginpirasi saya untuk memulai usaha rumah makan

Analisa Rencana Potensi Usaha

a. Ringkasan Eksekutif

Pada potensi usaha rumah makan rencana yang akan saya jalankan adalah jenis usaha perseorangan yang bermodalkan dari uang sendiri dan pinjaman dari saudara atau teman yang memiliki syarat mudah dan bunga sedikit jika adauntuk menjadi manager,saya bertidak sendiri,juru masak saya percayakan kepada 2 orang yaitu 1 subagai kepala dapur, dan pembantunya,dan pelayan 1 orang untuk melayani konsumen Target pasar atau usaha saya adalah masyarakar ekonomi menengah kebawah.

b. Pernyataan Misi

Misi usaha rumah makan yang akan saya jalani adalah memajukan rumah makan yang menyediakan pelayanan yang terbaik dan bias memberikan sajian makanan yang sehat terlihat menarik dan menggunakan system pokwe(jupukdewe), ada penambahan sajian atau penampilan warung dan hidangan adalah dibuat alami dan modern

c. Sejarah Perusahaan

Usaha rumah makan ini dilatar belakangi oleh usaha keluarga saya,yaitu saudara kakak saya yang sudah sukses menjalankan bisnis rumah makan dengan mempunyai lebih dari 30 cabang yang tesebar di Indonesia,dan mempunyai pendapatan lebih dari 1,3 Milyar per bulan.usaha rumah makan ini juga di inspirasikan dari nenek saya yang menjad juru masak panggilan di setiap ada acara didaerah saya.

d. Profil Usaha dan Industri

Sasaran usaha yang saya jalankan ini adalah masyarakat yang membutuhkan pelayanan makanan yang menyeluruh pada semua tingkatan golongan ekonomi yaitu golongan ekonomi rendah, sedang dan kuat. Dimasa yang akan datang,rumah makan yan maju adalah yang memberikan pelayanan yang ramah dan praktis ,sebab mengingat betapa pentinnya waktu dan keseatan

Tujuan jangka pendek usaha rumah makan saya yaitu meramaikan rumah makan saya walaupun mempunyai pendapatan yang kurang

e. Strategi Bisnis

Stategi bisnis dalam membangun usaha rumah makan saya ini adalah dengan semaksimal mungkin memberikan pelayanan,dan memberikan harga yang mirin dengan tujuan mencari pelanggan.Sehingga diharapkan rumah makan akan ramai dan pendapatan akan terus meningkat

f. Uraian Mengenai Produk atau Jasa Perusahaan

Produk yang saya hasilkan dalam usaha rumah makan saya adalah pertama nasi yang wangi, dan disajikan di atas daun pisang. Yan kedua adalah sayar-sayuran yang dihidangkan di atas penghanatan, sehingga masih hangat. Yang ketiga adalah gorengan yang di sediakan sedikit-sedikit- sehingga terjaga kehangatannya

g. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran atau pelayanan rumah makan saya yaitu ditujukan kepad pengguna jalan, sehingga saya akan menata rumah makan saya semenarik mungkin.Untuk tahap pertama saya akan melakukan promosi dngan potongan harga 50% untuk smua pembelian, sampi dengan 3 hari.Stategi in bertujuan untuk memperkenalkan dan menarik minat para pendatang, dengan filosofi tak kenal maka tak sayang, klo udah kenal, silahkan jadi langganan

h. Analisa Persaingan

Banyaknya rumah makan yang ada di sekitar kita mengharuskan kita harus selalu berada di atas mereka. Maka ketika siap mendirikan umah makan,saya harus siap menghadapi persaingan yang terkadang dapat menjatuhkan usaha kita. Maka kita harus tahu bagaimana kemampuan kita supaya tetap eksis dalam bersaing dantentunya tidak terkalahkan. Maka mengetahui kekuatan lawan dan lapangan usaha adalah kunci pokok untuk menang dalam bersaing. Kita harus punya jurus-jurus jitu atau cara-cara yang inovatif yang tidak dimiliki lawan dan tidak dapat di ikuti lawan. Makanya membentuk jaringan usaha atau lawan dijadikan kawan jika itu dimungkinkan sehingga dalam usaha tidak saling menjatuhkan tetapi saling mendukung. Dan ini sangat sulit namun jika dapat terwujud ini sangat baik.

i. Uraian Tim Manajemen

Uraian tim manajemen dalam menjalankan rumah makan yaitu adanya struktur organisasi yang jelas dan kepemimpinan yang baik dalam menjalankan usaha rumah makan.Yaitu saya sebagai Manager yaitu mengatur semua aktifitas, an merancang perubahan-perubahan yang harus dilakukan dan di bimbing oleh penasehat rumah makan yaitu orang tua saya, dan saya juga merangkap sebagai kasir, dan adanya kepala koki yang mengatur jenis masakan yang akan disajkan, dan adnya kepala pelayan yang mengkomando par pelayan

j. Rencana Kegiatan

Untuk rencana kegiatan say a yaitu pagi hari koki masak, dilanjtkan oleh pelayan yang menyajikan.

Untuk bulan pertama, saya memutuskan menacari pelanggan yang banyak, ehingga saya harus meminimkan pendapatan yang saya peroleh,selanjutnya saya baru menaikan sedikit harga.

k. Laporan Keuangan Perkiraan atau Pro Forma

Pada laporan keuangan rumah makan,akan di pegang oleh saya sendiri yang merangkap menjadi kasir dan manager yang akan saya audit dengan yan ada di rumah makan.

l. Permohonan Pinjaman atau Penawaran Modal

Modal dari pendirian rumah makan ini membutuhkan modol yang besar. Maka pinjaman yang saya butuhkan jga besar yaitu saya mengandalkan pinjaman dari orang dekat dekat saya yaitu dengan system investasi,sehingga ada ketertarikan oleh yang punya modal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar